Salam Pramuka! Save Kontak Whatsapp kami 0877-2264-2882

Salam pramuka, kali ini kami akan share 10 tips belanja online ala distro pramuka nih, semoga bermanfaat bisa membantu meminimalisir penipuan dalam berbelanja di online shop. Dengan kemajuan gadget dan teknologi, dalam genggaman pun kita bisa belanja online, beli produk di sabang, dikirim sampai merauke juga Oke.

Namun, kita perlu waspada karena kejahatan gak kenal tempat, wong di tempat ibadah aja bisa ada pencurian, apalagi dunia digital yang tanpa tatap muka. Berikut 10 tips belanja online dari kami :

  1. Kepoin akun sosial media

Hal yang pertama ketika kamu melihat penjual online adalah cek akun media sosialnya, jika kamu menemukan di facebook pastikan cek di informasinya, review fanpage, semakin bintanya tinggi semakin bagus lalu cek komentarnya. Bagaimana dengan instagram? Cek di kolom komentar, atau foto yang ditag, biasanya akan muncul pembeli yang memakai produknya.

 

Jika infonya gak bagus, reviewnya jelek… hati-hati ya kak..

 

  1. Tanyakan Testimoni setiap belanja online

Menanyakan testimoni ketika memberi secara langsung via Whatsapp ini sangat penting, biasanya mereka akan mengirimkan foto maupun akun testimoninya.. Nah yang harus kakak perhatikan adalah apakah bukti testimoninya real atau tidak? Bisa dicek dari gambar yang dikirim. Kalau kami akan mengirimkan link ke akun testimoni di ig @testi.distropramuka http://bit.ly/lihatesti

 

  1. Baca dahulu deskripsi iklan

Rata-rata buyer Indonesia tidak membaca deskripsi iklan, sampai-sampai banyak yang kena tipu. Nah bagi kakak yang mau belanja online pastikan membaca iklan, semakin deskripsi iklan bagus, semakin aman dalam kakak berbelanja online. Cek juga fotonya, kadang foto bisa menipu, biasanya yang dropship impor.

10 tips belanja Online

 

  1. Jangan tergiur harga murah

Harga murah memang menggiurkan, misalkan kakak mau beli kaos pastikan harga sebanding dengan kualitas, biasanya harga murah juga di ikuti dengan bahan ala kadarnya, mudah kasar/ mbradul. Jangan mudah jatuh cinta dengan produk murah.

 

  1. Tanyakan website/ Blog

Seller atau penjual online yang serius, rata-rata memiliki blog gratisan maupun website, nah jika mereka memiliki website berbayar, pastikan konten yang didalamnya ada dan memang cocok dengan apa yang mereka jual. Jangan lupa lihat Cara Order di webnya ya kak, agar mengerti alurnya.

 

  1. Gunakan marketplace jika kamu takut belanja online

Dengan adanya rekening bersama yang dibuka marketplace, dan ketika kamu membeli disana akan lebih aman, jika barang gak sesuai ada penawaran return barang, lalu uangpun jika barang belum sampai ke kita pembeli, uang tidak akan masuk ke rekening penjual.

Saran saya bisa beli di Bukalapak, tokopedia, shopee, maupun marketplace yang kredibel. Oh iya kamu juga pastikan ulasan/ reviewnya baik ya.. biar aman gitu..

 

  1. Cek ongkir sendiri

Jika kamu ditawari penjual dan ongkirnya kira-kira terlalu murah ataupun mahal, kamu bisa cek ongkir sendiri di website kurir yang ditawarkan. Melalui POS, JNE, TIKI, J&T, Wahana maupun kurir lainnya.

 

  1. Tanyakan apakah bisa refund barang

Kadang ukuran yang ditawarkan ternyata salah, nah coba deh tanyakan apakah bisa refund barang apabila barang tisak sesuai, maupun salah ukuran, ini akan membuat kita nyaman dalam berbelanja.

 

  1. Cek nomor hp seller di google maupun facebook

Nah ini juga bisa kamu lakukan lho, agar kamu gak was-was dalam berbelanja online. Kamu bisa memastikan no. Hp penjual itu sudah masuk daftar hitam, atau malah seller baik harapan mertua. Kamu bisa cek di google dan kolom pencarian di facebook dengan menuliskan nomor hp penjual, jika banyak post jualannya, maupun bukti valid maka aman, jika ternyata ada data yang mencurigakan, ada post berkaitan penipuan sebaiknya kamu tinggalkan.

 

  1. Screenshot dan simpan bukti pembayaran

Pastikan kamu screenshot percakapan kamu, simpan bukti pembayaran untuk berjaga-jaga apabila ada hal yang tidak di inginkan, misalkan ternyata seller chatnya ke hapus, atau malah ada barang salah ukuran, seller bisa refund barang maka chat bisa kamu tunjukkan. Bukti pembayaran juga perlu kamu simpan buat claim transfer, atau penipuan jika terjadi.

 

Nah bagaimana 10 tips belanja online dari kami ini? Semoga kamu selalu hati-hati dan menjadi pembeli yang cerdas. Masih ada yang kurang dari tips di atas? Silakan bisa tambahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *