Salam Pramuka! Save Kontak Whatsapp kami 0877-2264-2882

Atribut pramuka kerap juga disebut dengan istilah tanda pengenal, dimana sebuah atribut selalu dipasang pada pakaian seragam baju resmi terutama untuk perlengkapan seragam pramuka di semua tingkatan. Tata cara pemasangan atribut tersebut juga tidak sembarangan, tentu saja menggunakan sebuah aturan dan tata cara sendiri yang diberlakukan.

Penerapan atribut pada setiap tingkatan pramuka juga berbeda beda. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai perlengkapan dan posisi pemasangan pada setiap tingkatan pramuka adalah sebagai berikut.

  1. Atribut seragam tingkat siaga

Penggunaan tanda atau atribut yang pertama adalah yang atribut yang diterapkan untuk tingkatan siaga putra maupun putri.

Atribut pertama adalah bagian tutup kepala dimana terdapat emblem tingkatan pramuka yang berwarna hijau yang menempel pada tutup kepala. Beberapa atribut juga ada yang terpasang pada baju, yang terbagi pada bagian kanan maupun kiri.

Pada bagian lengan kanan terdapat tanda lokasi atau pita wilayah, pita nomor gudep, badge daerah atau lencana wilayah, dan tanda kecakapan khusus sesuai apa yang telah diraih. Beberapa tanda yang juga menempel pada bagian dada kanan tanda pandu dunia, papan nama dan tanda jabatan berwarna hijau.

Tanda jabatan terdapat 3 jenis, dari yang tertinggi adalah 3 strip yang artinya sebagai pimpinan barung utama (sulung), yang kedua memiliki 2 strip yang artinya pemimpin barung, dan yang terakhir 1 strip yang artinya adalah sebagai wakil pemimpin barung.

Sedangkan untuk bagian sebelah kiri tepatnya pada bagian lengan adalah terdapat tanda regu, tanda kecakapan umum (TKU), dan untuk bagian dada sebelah kiri terdapat tanda pelantikan.

Ada pula perbedaan yang terdapat pada penerapan atribut ini putra maupun putri adalah pada bagian pandu dunia dan tanda pelantikan. Dimana jika penerapan atribut pandu dunia dan pelantikan pada putra yakni pada bagian dada sedangkan untuk putri yakni pada bagian kerah leher.

  1. Atribut baju pramuka tingkat penggalang

Penggunaan maupun penempatan tanda atau atribut pramuka kedua adalah yang diterapkan untuk tingkatan penggalang dari putra maupun putri.

Dimana pada bagian sisi kanan, beberapa atribut yang menempel pada lengan adalah tanda lokasi atau pita wilayah, pita nomor gudep, badge daerah atau lencana wilayah, dan tanda kecakapan khusus sesuai apa yang telah diraih.

Sedangkan untuk bagian dada kanan terdapat tanda pandu dunia, papan nama dan tanda jabatan jika anda menjadi ketua anggota atau wakilnya, sedangkan untuk anggotanya tidak akan mengenakan tanda jabatan ini.

Tanda jabatan pengalang terdapat 3 jenis, dari yang tertinggi adalah 3 strip yang artinya sebagai pimpinan pasukan utama (pratama), yang kedua memiliki 2 strip yang artinya pemimpin regu, dan yang terakhir 1 strip yang artinya adalah sebagai wakil pemimpin regu.

Geser ke bagian sebelah kiri tepatnya pada bagian lengan adalah terdapat tanda regu, tanda kecakapan umum (TKU), dan untuk bagian dada sebelah kiri terdapat tanda pelantikan. Sedangkan atribut lain yaitu pada bagian penutup kepala yang berupa emblem berwarna merah.

Perbedaan yang mencolok pada penerapan atribut ini putra maupun putri adalah pada bagian pandu dunia dan tanda pelantikan. Dimana jika penerapan pada putra yakni pada bagian dada sedangkan untuk putri yakni pada bagian kerah leher.

 

atributpramuka - @mwhanafi__

atributpramuka – foto dari IG @mwhanafi__

3. Atribut baju pramuka tingkat Penegak

Untuk penempatan atribut pada segeram pramuka penegak sejatinya tidak ada perbedaan jauh dengan seragam penggalang. Untuk pramuka putra tanda topi berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning. Sedangkan putri berbentuk lingkaran untuk dipasangkan di topi boni.

Pemasangan Logo Pandu Dunia/ WOSM untuk putra berbentuk kotak ditempatkan di atas saku kanan, sedangkan putri berada di kerah kanan.

Tanda pelantikan yang berwarna cokelat untuk putra di letakkan di saku, sedangkan putri di kerah kiri.

Tanda Jabatan, bisa dikenakan oleh PRADANA dengan strip 3, Pimpinan Sangga strip 2, Wakil Pimpinan Sangga Strip 1, berwarna kuning.

nah, cukup jelas bukan? apabila ada pertanyaan bisa di post di kolom komentar dibawah.

 

Sekian penjelasan dari kami mengenai atribut pramuka yang semoga bisa menjadikan menambah pengetahuan kepramukaan anda lebih baik terutama dalam mengenal atribut dan penempatan posisinya.

 

Bagi kakak yang ingin memiliki Kemeja PDL Distro Pramuka atau memesan untuk baju lapangan pembina bisa menghubungi kami melalui kontak Whatsapp : 0877-2264-2882

Berikut beberapa contoh produk kami :

Atribut Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 9 =