Dasadarma Pramuka – Pramuka menjadi proses pendidikan di luar keluarga yang berisikan berbagai kegiatan di alam terbuka. Tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk membentuk akhlak, watak, setra budi pekerti luhur. Dalam hal Pramuka, pedoman yang harus dipegang teguh adalah Dasadarma Pramuka

Seorang anggota Pramuka wajib untuk tahu dan paham akan 10 Dasadharma. Dengan mengikuti dan mengamalkan setiap isi Dasadharma, diharapkan seseorang dapat menjadi manusia yang memiliki watak dan akhlak mulia. 

Mengenal Dasadarma Pramuka

Secara harfiah, Dasadharma terbentuk dari dua kata yaitu dasa dan dharma. Dasa itu berarti sepuluh, sementara dharma bisa diartikan sebagai perbuatan yang mulia dan terpuji. Jadi bisa disimpulkan jika Dasadharma merupakan sepuluh tindakan mulia atau terpuji. 

Kesepuluh tindakan tersebut harus ditanamkan dengan dijadikan pedoman bagi setiap anggota Pramuka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Setiap anggota wajib menerapkan pedoman ini, baik itu anggota tingkat siaga, penggalang, pandega, hingga penegak. 

Di dalam Dasadharma, termuat pokok-pokok moral yang akan dijadikan dasar oleh setiap anggota pramuka pada saat melaksanakan tugasnya. Setiap anggota pramuka dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang sangat bermanfaat di dalam kehidupan, jika mengamalkan Dasadharma. 

Dasadharma Pramuka
Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA on Pexels.com

Isi Dasadharma Pramuka

Perlu untuk Anda ketahui, isi dari Dasadharma sendiri pernah mengalami beberapa kali perubahan. Dan untuk isi Dasadharma yang masih digunakan sampai saat ini, adalah rumusan Munas yang isinya adalah sebagai berikut. 

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  1. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia 
  1. Patriot yang sopan dan kesatria 
  1. Patuh dan suka bermusyawarah 
  1. Rela menolong dan tabah 
  1. Rajin terampil dan gembira 
  1. Hemat, cermat dan bersahaja 
  1. Disiplin, berani dan setia 
  1. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya 
  1. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. 

Makna Dasadharma Pramuka 

Setiap anggota pramuka memiliki kewajiban untuk menghafal dan mengamalkan isi dari Dasadharma. Pengalaman nilai-nilai Dasadharama ini dilakukan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini makna dari setiap poin dalam 10 Dasadarma Pramuka

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 

Anggota pramuka harus selalu bertakwa kepada Tuhan, serta menjunjung tinggi harkat dan martabat sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Anggota pramuka juga wajib untuk menjalankan perintah dan menghindari segala hal yang dilarang oleh Tuhan. 

Hal ini juga termasuk dengan beribadah sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Selain itu, seorang anggota pramuka juga harus mempunyai sikap toleransi antar satu agama dengan agama yang lainnya. 

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia 

Untuk poin yang satu ini, setiap anggota pramuka harus mempunyai sifat cinta dan kasih. Saat ada orang lain membutuhkan bantuan, anggota pramuka harus menolong tanpa pamrih. Rasa simpati dan empat dalam diri tidak boleh hilang dengan alasan apapun. 

Cinta dan kasih yang dimiliki bukan hanya ditunjukkan kepada sesama manusia saja. Namun juga kepada semua makhluk hidup ciptaan Tuhan, seperti hewan serta tumbuhan. Dengan adanya rasa cinta dan kasih, maka akan terwujud pula lingkungan yang nyaman, aman, dan juga tenteram.  

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria 

Setiap anggota pramuka harus memiliki sifat seorang patriot dan juga kesatria. Hal ini berarti juga setiap anggota pramuka harus punya sifat yang sopan dan santun, sifat yang sangat mencerminkan dari seorang anggota pramuka. 

Selain itu, anggota pramuka juga diwajibkan untuk ikut serta dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Ini dilakukan agar suasana negara yang aman dan sejahtera bisa tercipta. Dan yang tidak kalah penting, adalah patuh dan tidak melanggar aturan yang berlaku di tempat yang sedang dikunjungi. 

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah 

Anggota pramuka harus punya sikap patuh dan juga amanah atas semua tugas yang diberikan. Ketika diberi suatu tugas tertentu, maka anggota tidak boleh menolak dan harus selalu siap untuk melakukan perintah apapun yang diberikan oleh atasan. 

Tidak lupa, dalam mengambil keputusan, seorang anggota pramuka harus melakukannya berdasarkan pada asas musyawarah untuk mencapai kesepakatan bersama. Anggota pramuka tidak boleh menentukan keputusan sendiri, terutama yang hanya memberi keuntungan pada diri sendiri saja. 

5. Rela Menolong dan Tabah 

Anggota pramuka harus memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, agar dapat menolong setiap makhluk hidup yang sedang mengalami kesulitan atau kesusahan. Anggota tidak boleh membedakan antara satu individu dengan individu lain pada saat ingin menolong. 

Selain itu, anggota pramuka juga harus memiliki sikap yang tabah serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap musibah dan cobaan. Anggota harus percaya bahwa Tuhan tidak akan membiarkan makhluknya berada dalam kesulitan terus-menerus. 

6. Rajin, Terampil, dan Gembira 

Setiap anggota pramuka wajib memiliki sikap rajin, agar segala aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari bisa terselesaikan. Sikap terampil juga sangat dibutuhkan, terutama pada saat akan memecahkan setiap masalah yang muncul.  

Bukan hanya itu, anggota pramuka juga harus menjalani aktivitas sehari-hari dengan perasaan riang dan gembira tanpa ada beban dari diri sendiri. Anggota tidak boleh menjalani aktivitas dan melaksanakan tugas dengan perasaan tertekan atau terpaksa. 

7. Hemat, Cermat, dan Bersahaja 

Anggota pramuka harus memiliki sifat yang hemat. Tidak boleh bersikap seperti menghambur-hamburkan segala sesuatu. Terutama masalah keuangan, anggota tidak boleh menganggap remeh keuangan dan harus bisa menabung untuk masa depan. 

Kemudian saat mengerjakan sesuatu, anggota pramuka harus melakukannya dengan cermat dan teliti. Pikirkan dengan matang sebelum menentukan apa yang harus dilakukan. Jangan sampai melakukan tindakan gegabah yang akan merugikan diri sendiri. 

8. Disiplin, Berani, dan Setia 

Poin Dasa darma Pramuka yang berikutnya, yakni setiap anggota pramuka harus punya sikap yang disiplin saat melaksanakan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Berusaha semaksimal mungkin agar tidak membuat kesalahan, baik itu kesalahan kecil maupun besar. 

Setiap anggota pramuka juga harus punya sikap yang berani untuk menghadapi segala tantangan, dan selalu setia untuk menjunjung tinggi apa yang seharusnya diyakini. Tidak boleh terkecoh dengan godaan orang lain untuk mengkhianati kesetiaannya. 

9. Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya 

Tanggung jawab adalah sikap yang wajib dimiliki oleh seorang anggota pramuka. Anggota pramuka harus bisa bertanggungjawab atas semua hal yang telah dilakukannya. Tidak bisa meninggalkan pekerjaan begitu saja, walaupun pekerjaan tersebut sudah selesai. 

Setiap anggota pramuka juga harus bisa dipercaya dan juga tidak akan menghianati kepercayaan yang telah diberikan oleh orang lain. Dan jika melakukan suatu kesalahan, maka anggota harus segera meminta maaf atas tindakannya. 

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan 

Untuk Dasadharma yang terakhir, memiliki makna bahwa anggota pramuka wajib memiliki pikiran, perkataan, dan juga perbuatan yang baik. Setiap tingkah laku dari seorang anggota pramuka, diharapkan mampu menjadi contoh yang baik bagi semua masyarakat. 

Mungkin hanya itu sedikit informasi mengenai Dasadarma Pramuka yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Pada intinya, Dasadhrama ini adalah pedoman bagi setiap anggota Pramuka untuk bisa menjadi individu yang lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *